Header Ads

Breaking News
recent

Cara Memakai Masker yang Benar

Masker?
Iya masker, tentunya kita semua akrab dengan benda satu ini. Apalagi Anak Riau yang sedang di landa bencana asap yang sudah hampir sebulan lebih tak kunjung reda. Di jalanan semua pengendara sepeda motor dan mobil juga menggunakan masker.

Masker sendiri berfungsi untuk melindungi tubuh kini dari mikroorganisme kecil, debu maupun partikel jahat yang masuk ke dalam tubuh kita melalui saluran pernafasan. Dengan adanya masker maka dampak asap agak sedikit berkurang walaupun tidak maksimal melindungi kesehatan.

Sejak asap melanda Riau dan provinsi lainnya belakangan ini sering muncul di media-media sosial seperti Facebook, Twitter maupun Blackberry tentang cara memakai masker yang benar. Di situ dijelaskan bahwa memakai masker yang benar adalah sesuai kebutuhan. 

Pertama, jika masker tersebut digunakan ketika kita sakit maka untuk mencegah mikroorganisme keluar dari tubuh kita (seperti flu) maka sisi putih dari masker menempel pada hidung dan mulut kita. Tujuannya adalah agar virus dari tubuh kita tidak menyebar ke orang lain. 

Kedua, Jika masker digunakan untuk melindungi tubuh kita dari mikroorganisme atau pun virus dari luar supaya tidak masuk ke dalam tubuh maka sisi biru yang menempel pada hidung dan mulut.

Namun setelah di telusuri belum ada sumber informasi yang terpecaya yang mengatakan cara menggunakan masker seperti di atas adalah benar. Bisa jadi berita diatas adalah hoax alias palsu.



Perlu diketahui bahwa masker yang banyak beredar di masyarakat adalah masker yang sering digunakan oleh dokter bedah di Rumah Sakit. Masker ini di gunakan oleh mereka agar tidak menularkan virus kepada pasien yang sedang di operasi. Ada 3 lapisan yang terdapat pada masker tersebut.
  1. lapisan pertama adalah lapisan paling dalam yang berwarna putih dan lembut agar pengguna masker merasa nyaman menggunakannya.
  2. lapisan kedua adalah filter statis, fungsinya adalah untuk mencegah air liur maupun virus yang berasal dari tubuh kita keluar.lapisan ini terbuat dari spunbond non woven.
  3. lapisan ketiga atau paling luar adalah berfungsi untuk mencegah partikel dari luar untuk masuk ke dalam tubuh. 
 
Nah dari penjelasan di atas bahwa menggunakan masker terbalik tidaklah menguntungkan bagi kita karena lapisan luar yang kasar akan bersentuhan dengan kulit kita yang bisa menyebabkan iritasi. Arah lipatan pada masker tersebut juga ada tujuannya. Jika warna hijau diluar maka lipatan akan menghadap ke bawah sehingga tidak membentuk kantong debu. Apabila yang putih di luar maka masker lipatan akan membentuk kantong debu. Mau menghirup debu??





Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.