Header Ads

Breaking News
recent

Dimanakah letak makam Hang Tuah?



Pembaca setia blog anakriau.com tahukah  Ananda semua dengan Tokoh Hang Tuah?
Hang Tuah, Sebuah nama besar yang pastinya sangat akrab dengan masyarakat melayu. Namanya pun cukup dikenal sampai ke pulau Jawa. Ini dibuktikan dengan adanya sebuah Universitas Hang Tuah di Surabaya, Sekolah Menengah Kejuruan Pelayaran di Kediri-Jawa Timur juga kapal perang Indonesia bernama KRI Hang Tuah. Di Riau sendiri ada kampus memakai nama Hang Tuah sebagai nama kampusnya seperti Stikes Hang Tuah dan nama sekolah SMP Hang Tuah yang berada di Pekanbaru.
Sebuah kalimat yang bertuliskan “Tak kan Melayu Hilang Di Bumi” adalah ucapan Hang Tuah yang popular hingga saat ini dan sering dipakai oleh tokoh-tokoh Melayu dalam pidato dan acara adat dan kenegaraan. Kepopuleran Hang Tuah melebihi dari nama raja-raja Melayu yang ada baik itu Malaysia atau pun Indonesia.   
Di pustaka atau pun koleksi buku pelajaran sekolah baik dari tingkat SD sampai perkuliahan maka pembahasan Hang Tuah akan selalu menarik untuk dibaca dan di telusuri. Kisah perjalanan hidup tentang seorang Ksatria hebat dan Setia pada rajanya hingga rela bertaruh nyawa. Kisah kesetia kawanan yang diajarkan Hang Tuah dan Sahabat-sahabatnya Hang Jebat, Hang Kesturi, hang Lekir dan Hang Lekiu yang selalu siap mati dalam membela kebenaran adalah sebuah kisah yang dapat di ambil hikmahnya.  
Namun sejarah tentang akhir perjalanan kehidupan Hang Tuah menjadi perdebatan kecil bagi beberapa para cendekia .Ini dikarenakan hikayat hidup Hang Tuah pada masa-masa akhirnya terdapat perbedaaan pendapat dan sumber sejarah. Pada hari ini ada 2 makam yang terletak di wilayah yang berbeda yang dianggap masyarakat sebagai makam Hang Tuah. Mari kita bahas…


- Makam Hang Tuah Di Melaka Malaysia
Terletak dijalan Hang Jebat 120 Tanjung Kling Melaka-Malaysia terdapat sebuah makam bersejarah yang dilengkapi dengan monument dan relief yang menggambarkan sesosok manusia yang sedang mencabut keris dan bertuliskan “Tak kan Melayu Hilang Di Bumi”. 


Banyak wisatawan yang berkunjung ke makam Hang Tuah ini setiap tahunnya. Selain asri makam juga terawat dengan baik. Pengunjung dapat berfoto dengan berlatarkan relief-relif jejak kisah kehidupan Hang Tuah. Nah kalau berkunjung kesini jangan lupa bawa kamera ya..

 
1.      - Makam Hang Tuah Di Palembang
Sumber yang mengatakan Hang Tuah dimakamkan di Palembang juga kuat. Bahkan Univeristas Putra Malaysia melakukan penelitian tentang hal ini. Setelah ditelusuri bahwa jejak terakhir Hang Tuah berada di Temasik Singapura pada tahun 1511 dan berusia 80 tahun. Diperkirakan Hang Tuah berpindah ke Riau setelah berumur 80 tahun tersebut dan pada akhirnya meninggal dunia di Palembang. Tentang keberadaan Hang Tuah di Palembang ini di perkuat dengan pendapat seseorang yang mengaku sebagai keturunan ke-12 Hang Tuah yaitu Ismail Yacob yang tinggal di Singapura. Konon Ismail masih menyimpan pusaka milik Hang Tuah yaitu dua buah gelang tangan dan sebuah manuskrip tua yang ditulis tangan oleh Tun Kulah (sepupu
Hang Tuah) dengan judul “Hikayat hang Tuah”.


Gambar diatas adalah makam Hang Tuah yang terlihat kurang terawat dengan ditumbuhi rumput-rumput liar. Semoga ada perhatian dari pemerintah untuk merawat makam pahlawan besar seperti Hang Tuah.

Kedua makam ini sama-sama dianggap sebagai makam Hang Tuah oleh masyarakat baik Indonesia maupun Malaysia. Sebenarnya ada kesimpangsiuran mana yang pasti sebenarnya makam Hang Tuah terletak. Harus ada kajian mendalam tentang ini agar kita semua benar-benar mengetahui manakah letak makam Hang Tuah yang asli.

Terlepas dari perdebatan tersebut yang terpenting bagi kita adalah untuk selalu mendoakan para pahlawan besar seperti Hang Tuah yang dengan Ksatrianya membantu mengusir penjajah Portugis yang menjajah Nusantara. Ingat, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya.

Sekian dulu pembahasan dari makam Hang Tuah, semoga menambah kekayaan wawasan kita semua.


1 komentar:

  1. Assalamualaikum. Berdasarkan bacaan saya terhadap Sulalatus Salatin (Sejarah Melayu) karangan Tun Seri Lanang, telah dicatatkan bahawa Hang Tuah dimakamkan oleh Sultan Mahmud di Tanjung Keling, Melaka dengan penuh adat istiadat.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.